6 Alasan Orang Suka Traveling, Kamu yang Mana?

Alasan orang suka traveling

apasebab.com Traveling alias melakukan perjalanan perjalanan dari satu daerah ke daerah lain, menjadi kegemaran banyak orang.

Ada yang traveling di dalam negeri saja, dan itu pun rasanya tak habis-habis tempat yang bisa didatangi. Memang ya, orang Indonesia harus banyak-banyak bersyukur karena negeri ini memiliki banyak destinasi menarik.

Ada pula yang memilih melakukan perjalanan ke berbagai tempat di luar negeri.

Traveling = Banyak Uang?

Untuk traveling tentu saja butuh uang. Yang pasti sih untuk transportasi, akomodasi, dan konsumsi.

Kalau ke luar negeri berarti juga harus mengurus paspor, visa (kecuali ke negara tertentu yang bebas visa), dan mesti ada saldo sejumlah tertentu di rekening.

Namun, bukan berarti semua orang yang hobi traveling ini punya banyak uang. Yang pasti mereka miliki adalah kesempatan, kesehatan, dan keberanian (alias punya nyali).

Orang-orang yang kita lihat sedang traveling melulu itu bisa jadi berangkat traveling karena:

1. Duitnya tidak berseri

Orang-orang ini sudah kaya tujuh turunan, delapan tanjakan, sembilan belokan, sepuluh pertigaan, dan seterusnya.

Sumber-sumber tambang uang mereka sungguh sulit dibayangkan oleh kaum mendang-mending yang kalau beli minyak goreng saja masih sibuk membandingkan harga dan kuantitas.

2. Pekerjaan

Pekerjaan tertentu memang membutuhkan banyak bepergian. Orang awam melihatnya seperti sedang traveling, padahal sesungguhnya memang itulah pekerjaan mereka.

Misalnya: jurnalis, fotografer, peneliti lapangan, dan pemandu wisata.

3. Nebeng dengan pekerjaan

Pekerjaan ini bisa apa saja, termasuk yang sebenarnya tidak butuh-butuh amat untuk bepergian ke luar kota atau luar negeri. Dikerjakan di kantor sendiri juga bisa. Online meeting juga bisa.

Meskipun begitu, ada saja yang namanya rapat kerja di kota lain, seminar, studi banding, tugas belajar, dan sebagainya.

Transportasi dan segala macamnya sudah dibayar oleh kantor. Masih dapat uang saku, pula. Tinggal pintar-pintar memanfaatkan waktu kosong untuk menjelajah tempat-tempat menarik.

4. Rajin menabung

Tentu saja, ada pula yang bisa traveling ke berbagai destinasi menarik karena rajin menabung.

Sehari-hari mereka tampak sangat hemat, bahkan bergaya frugal living. Padahal, sesungguhnya mereka sedang giat menabung karena ada tujuan yang hendak mereka capai, dalam hal ini adalah traveling.

Baca Juga: Kenapa Kuliah di Luar Negeri?

Alasan Suka Traveling

Apa sebab orang suka pergi traveling
Selalu ada sebab untuk pergi traveling.

Uang memang bukan segalanya, tetapi segalanya butuh uang, termasuk untuk traveling.

Dari mana pun sumber uang untuk traveling (semoga bukan hasil korupsi. tipu-tipu, atau ngutang), ada alasan tertentu yang membuat orang-orang suka melakukan perjalanan ke berbagai tempat.

Apa sebab orang suka traveling? Berikut ini beberapa alasan orang suka melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru.

1. Refreshing

Rutinitas sehari-hari dan berbagai target yang harus dipenuhi terkadang menimbulkan kebosanan. Masih mending sih kalau cuma bosan. Tak jarang malah sampai membuat stres dan burn out.

Ambil waktu untuk refreshing. Sediakan waktu khusus untuk diri sendiri.

Jika dana memungkinkan, pergi traveling akan sangat menyenangkan sekaligus menenangkan.

2. Mengenal budaya baru

Keinginan mengenal budaya baru juga menjadi sebab seseorang menyukai traveling.

Berada di tengah masyarakat dengan budaya dan bahasa yang berbeda, menyantap makanan dengan penyajian dan cita rasa berbeda, dan sebagainya.

3. Menambah wawasan

Penyebab lain orang menyukai traveling adalah karena dapat menambah wawasan.

Banyak berjalan, banyak melihat, banyak merasakan hal-hal baru. Dengan demikian wawasan akan menjadi terbuka, tidak lagi menjadi seperti katak di dalam tempurung.

Baca Juga: Lingoace Siap Bantu Anak Belajar Mandarin

4. Mempererat hubungan

Bepergian bersama ke tempat-tempat menarik yang disepakati bersama akan menjadi pengalaman menyenangkan.

Menghabiskan waktu bersama di perjalanan, menikmati berbagai keseruan bersama, dan punya banyak waktu untuk mengobrol akan menjadi kenangan berharga.

Yang perlu diingat, jangan pergi berduaan saja dengan yang bukan mahram. Kata nenek itu berbahaya!

5. Menantang diri sendiri

Penyebab lain orang suka traveling adalah keinginan untuk menantang diri sendiri. Tentunya dalam arti positif.

Misalnya untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, untuk bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang, dan sebagainya.

6. Mencari inspirasi

Tujuan traveling

Buntu ide! Sesuatu (tempat, aktivitas, kebiasaan, dsb) terlihat biasa saja kalau setiap hari dilihat. Rasanya sudah tidak ada istimewanya lagi.

Hal itu sangat berbahaya bagi orang-orang yang bekerja di bidang kreatif seperti penulis, pelukis, dan fotografer.

Memesan tiket perjalanan, lalu pergi ke tempat baru akan menjadi penyegaran. Menemukan hal-hal menarik di tempat baru untuk menjadi cerita perjalanan

Menuliskan pengalaman perjalanan ke berbagai daerah, seperti yang dilakukan oleh Dhenok Hastuti di blognya sangat membantu orang-orang lain untuk ikut merasakan perjalanan tersebut meskipun secara tidak langsung.

Penutup

Bukan tanpa sebab jika banyak orang suka melakukan traveling. Perjalanan ke berbagai destinasi adalah sebuah privilege yang tak semua orang bisa mengalaminya secara langsung

Dalam artikel berikutnya, apasebab akan membahas tentang Cara Traveling Hemat, bahkan Gratis.

Jadi, yang bukan sultan pemilik uang tak berseri, bukan pula pekerja yang memang harus keliling ke berbagai daerah, tetap bisa menikmati traveling tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

7 komentar

  1. Alasannya bener semua tuh. Tapi berhubung skrg ga lagi stres, ya alasan pertama dianulir. Haha. Aku lbh suka cari inspirasi, wawasan baru/lbh ke menantang pribadi sih. Biasanya kalo jalan2 gt suka ketemu hal2 baru yg bs jd peluang usaha/nambah sodara. Jd kangen traveling lagi deh kalo gini.

    BalasHapus
  2. Ada yg traveling soalnya patah hati (kayak di film eat pray and love). Jadi emang bener ya kalo sumpek jalan2 ajaa meski gak ke luar negeri. Traveling ke kota tetangga gakpapa asal happy.

    BalasHapus
  3. Saya termasuk yang suka traveling, dengan budget terbatas pun traveling masih bisa dengan memilih tempat-tempat yang tak jauh di sekitar kita. Salah satu alasan suka traveling memang buat refreshing sih setelah bergu;at dengan pekerjaan yang luar biasa, otak dan fisik kita butuh istirahat dan recharge agar siap menghadapi weekday rutinan kembali

    BalasHapus
  4. Wah, artikelnya bikin kangen traveling nih! Aku paling suka alasan nomor 3, menambah wawasan. Setiap perjalanan selalu ada cerita dan pengalaman baru yang nggak terlupakan. Terus terang, aku juga suka alasan nomor 5, karena traveling itu bikin hidup jadi lebih berwarna!

    BalasHapus
  5. Kalo aku sama my bojo keknya biar lebih mempererat aja sih. Walo memang gak sering², tapi setidaknya setiap 1 atau 2 bulan sekali tuh pasti ada aja jadwal kemana gitu, terakhir malah kita pengen mendaki nih, xixixi..

    BalasHapus
  6. Wkwkwk tim kaum mendang mending, berasa tersindir banget nih yang masih suka pilih-pilih kualitas dan harga minyak. Seru sih kalau bagian dari pekerjaan, dari dulu pengen punya kerjaan yang bisa sambil jalan-jalan juga, hehe. Tapi, kesempatannya di balik layar aja.

    BalasHapus
  7. Saya kecuali nomor 4 Kak. Hahaha. Soalnya saya orangnya lebih suka jalan sendirian, mau ke mana juga tak jabanin. Meski pada kenyataannya jarang hal itu bisa saya lakukan. Sebab, teman saya kebanyakan nggak bisa jadi solo traveller, jadi mau tidak mau saya yang menjadi teman perjalanan mereka. Tapi its ok, apapun bentuk jalan-jalannya, saya tetap suka.

    BalasHapus

Komentar dimoderasi dulu, ya. Terima kasih.

Hijab for Sisters